IFBC Banner

AS Bereaksi Kerahkan Kapal Induk USS Ronald Reagan, Respons Latihan Perang Cina di Selat Taiwan

Jumat, 05 Agustus 2022 – 14:33 WIB

Kapal Induk USS Ronald Reagan(Foto:Istimewa)

Kapal Induk USS Ronald Reagan(Foto:Istimewa)

WASHINGTON, REQNews - Kehadiran Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan membuat Cina murka dan meresponsnya dengan menggelar latihan perang di sekitar Selat Taiwan. Amerika pun tak tinggal diam, langsung kerahkan Kapal Induk USS Ronald Reagan.

IFBC Banner


Militer Amerika Serikat meningkatkan kehadirannya di sekitar Taiwan Gedung Putih menyatakan kapal-kapal perang serta pesawat Angkatan Laut (AL) AS akan transit di Selat Taiwan dalam 2 pekan mendatang.

Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby mengatakan Departemen Pertahanan (Pentagon) mengerahkan kapal induk USS Ronald Reagan dan kelompok serangnya untuk berada di dekat Taiwan guna memantau situasi.

Kapal induk yang berbasis di Jepang itu memang sudah beberpa hari terakhir dikerahkan ke Laut China Timur atau sebelum kunjungan Pelosi.

Kirby mengatakan, Presiden Joe Biden memutuskan untuk mengerahkan kapal induk dan kelompok serangnya untuk bertahan di perairan dekat Taiwan sedikit lebih lama dari yang direncanakan semula.

Lebih lanjut Kirby menegaskan, AS mengecam keras uji coba rudal Cina dengan menyebutnya sebagai tidak bertanggung jawab dan bertentangan dengan tujuan lama yakni menjaga perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan dan kawasan.

“Kami tidak akan bisa dihalangi untuk beroperasi di laut dan langit Pasifik Barat, sesuai dengan hukum internasional, seperti yang kami lakukan selama beberapa dekade, mendukung Taiwan dan mempertahankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” katanya, dikutip dari RT, Jumat 5 Agustus 2022.

Gedung Putih juga mengonfirmasi laporan bahwa Angkatan Udara AS menunda uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) Minuteman III.

Namun dia menegaskan uji coba tetap akan dilakukan dalam waktu dekat serta memastikan bahwa sistem penangkal senjata nuklir AS aman dan efektif.