IFBC Banner

Hambat Penanganan Kasus Brigadir J, Tiga Jenderal Polri Ini Dimutasi dari Jabatannya

Jumat, 05 Agustus 2022 – 13:16 WIB

Brigadir J atau Nopriansyah Yoshua Hutabarat (Foto: Istimewa)

Brigadir J atau Nopriansyah Yoshua Hutabarat (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQnews - Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo tidak main-main dengan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta agar kasus kematian Brigadir J diusut secara transparan. 

IFBC Banner


Untuk itu, pihaknya pun melakukan pemeriksaan terhadap 25 anggota Polri yang dinilai tidak profesional dan menghambat proses pengusutan kasus baku tembak yang terjadi di rumah Irjen Ferdy Sambo itu.

"Kita telah memeriksa tiga personel Pati (perwira tinggi), kombes lima personel, AKBP tiga personel, kompol dua personel, Pama (perwira pertama) tujuh personel, bintara dan tamtama lima personel," kata Jenderal Listyo pada Kamis 4 Agustus 2022.

"Kita akan menjalankan proses pemeriksaan terkait dengan pelanggaran kode etik. Dan tentunya apabila ditemukan adanya proses pidaana kita juga akan memproses pidana yang dimaksud," kata dia.

Terkait itu, Listyo pun mengeluarkan telegram rahasia (TR) terkait mutasi beberapa pejabat Polri, untuk memperlancar proses penanganan tindak pidana terkait meninggalnya Brigadir J alias Yosua dalam baku tembak di Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan.

"Malam hari ini saya keluarkan TR khusus untuk memutasi dan tentunya harapan saya proses penanganan tindak pidana terkait meninggalnya Brigadir Yosua ke depan akan berjalan baik," kata dia.

Sementara Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan bahwa keputusan mutasi tersebut tertuang dalam Telegram Rahasia Nomor 1628/VIII/Kep/2022 tanggal 4 agustus 2022. 

Diketahui, dalam TR tersebut Irjen Ferdy Sambo yang sebelumnya menjabat sebagai Kadiv Propam Polri dimutasi sebagai Pati Yanma Polri. Posisinya pun digantikan oleh Irjen Pol Syahardiantono yang sekarang menjabat Wakabareskrim Polri.

Kemudian Brigjen Hendra Kurniawan yang dicopot jabatannya dari Kepala Biro Pengamanan Internal (Karo Paminal) Polri dimutasi sebagai Pati Yanma Polri, dan digantikan oleh Brigjen Anggoro Sukartono.

Brigjen Benny Ali juga dicopot dari jabatannya sebagai Karo Provost Div Propam Polri dimutasi sebagai Pati Yanma Polri dan posisinya digantikan oleh Kombes Gupuh Setiyono.

Dedi mengatakan bahwa mereka yang dimutasi sebagai Pamen Yanma Polri saat ini sedang dalam proses pemeriksaan oleh Timsus.

"Apabila bukti melakukan pelanggaran etika akan diperiksa, apabila terbukti pelanggaran pidana seperti Pak Kapolri sampaikan akan diproses sesuai prosedur, sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku," kata Dedi.

Berikut daftar anggota Polri yang dimutasi:

1. Irjen Ferdy Sambo Kadiv Propam Polri dimutasikan sebagai Pati Yanma Polri.

2. Irjen Suhardi Antono Wakabareskrim Polri diangkat sebagai Kadiv Propam Polri.

3. Brigjen Hendra Kurniawan Karo Paminal Divisi Propam Polri dimutasikan sebagai Pati Yanma Polri.

4. Brigjen Anggoro Sukartono jabatan Karo Waprof Divisi Propam Polri diangkat sebagai Karo Paminal Divisi Propam Polri.

5. Kombes Agus Wijayanto Sesro Waprof Divisi Propam Polri diangkat jabatan baru sebagai Karo Waprof Divisi Propam Polri.

6. Brigjen Benny Ali Karo Provost Divisi Propam Polri dimutasikan sebagai Pati Yanma Polri.

7. Kombes Gupuh Setiono Kabag Yanduan Divisi Propam Polri diangkat sebagai jabatan baru Karo Provos Divisi Propam Polri.

8. Kombes Heni Setiawan Nugraha Nasution SroPaminal Divpropam Polri dimutasikan sebagai Pamen Yanma Polri.

9. Kombes Edgar Diponegoro Kabag Binpamro Paminal Divisi Propam Polri diangkat sebagai Sesro Paminal Divpropam Polri.

10. Kombes Pol Agus Nurpatria, Kaden A Ropaminal Divpropam Polri dimutasikan sebagai Pamen Yanma Polri.

11. AKBP Arif Rahman Arifin Wakaden B Ropaminal Propam Polri dimutasikan sebagai Pamen Yanma Polri

12. Kompol Baikuni Wibowo Kasubbag Riksa Rowatprof Propam Polri dimutasi sebagai Pamen Yanma Polri. 

13. Kompol Cuh Putranto PS Kasubag Audit Rowatprof Oropam Polri, dimutasi menjadi Pamen Yanma Polri.

14. AKBP Ridwan Nelson Subangkit, Kasat Reskrim Polres Metro Jaksel, dimutasi menjadi Pamen Yanma Polri.

15. AKP Yusa Rizal, Kanit I Satreskrim Polres Metro Jaksel juga dimutasi sebagai Pamen Yanma Polri.