IFBC Banner

Gandeng Lapas Tarakan, BINDA Kaltara Gelar Vaksinasi Booster Masal untuk WBP Hingga Masyarakat Umum

Jumat, 05 Agustus 2022 – 16:17 WIB

Binda Kaltara dan Lapas Tarakan Gelar Vaksinasi Booster pada Kamis 4 Agustus 2022

Binda Kaltara dan Lapas Tarakan Gelar Vaksinasi Booster pada Kamis 4 Agustus 2022

TARAKAN, REQnews - Badan Intelijen Negara Daerah Provinsi Kalimantan Utara (BINDA Kaltara) makin gencar melakukan pemerataan vaksinasi di seluruh elemen masyarakat Kota Tarakan.

IFBC Banner


Salah satunya dengan menggandeng Lapas Kelas IIA Tarakan untuk melaksanakan vaksinasi dosis ketiga (booster) bagi masyarakat yang sangat rentan seperti warga binaan pemasyarakatan (WBP) serta masyarakat umum sekitar pada Kamis 4 Agustus 2022.

KABINDA Kaltara, Marsma TNI Aminul Hakim berharap pemberian vaksin kepada WBP dan petugas Lapas ini dapat mencegah penyebaran virus corona, khususnya di lingkungan Lapas Kelas IIA Kota Tarakan.

"Kegiatan vaksinasi ini merupakan upaya mendukung program Presiden RI Joko Widodo dalam mencegah kluster Covid-19 di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (lapas), sekaligus membentuk kekebalan komunal seluruh masyarakat termasuk penghuni lapas,” kata Marsma TNI Aminul Hakim.

Menurutnya, herd immunity harus terbentuk di semua elemen dan lini masyarakat sehingga penyebaran Covid-19 tidak menemukan celah untuk berkembang termasuk di lingkungan lapas sekalipun. Dalam vaksinasi kali ini, pihaknya juga mendatangi kelompok sasaran atau pintu ke pintu guna mempercepat capaian target vaksinasi.

"Vaksinasi door to door yang dilakukan BIN untuk memudahkan masyarakat yang mengalami keterbatasan dalam mendapatkan fasilitas vaksin. Dan terbukti memang efektif," katanya.

Selain vaksinasi, pihaknya juga terus mendorong penerapan protokol kesehatan di seluruh area Lapas salah satunya dengan menyediakan sarana cuci tangan, mewajibkan pemakaian masker untuk menjaga imunitas tubuh baik pegawai maupun warga binaan.

“Mari kita gencarkan pelaksanaan vaksinasi booster secara terpusat di tempat-tempat umum antara lain kantor, pabrik, tempat ibadah, pasar, dan terminal. Harapannya, percepatan vaksinasi yang dilakukan Binda Kaltara dan Dinkes Kota Tarakan dapat mengantisipasi mencegah penyebaran virus Covid-19 di Kaltara,” kata Aminul.

Dalam kegiatan ini, tercatat total ada 468 orang baik pegawai maupun WBP yang mengikuti kegiatan vaksinasi. Tak hanya itu, karena antusias masyarakat di sekitar lapas yang begitu tinggi, BINDA Kaltara juga membuka vaksinasi di halaman Lapas Kelas IIA Tarakan dan melayani 225 orang yang ingin vaksinasi booster.

Sementara Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Kelas IIA Tarakan, selaku PLH Kalapas, Chandra Ariyansyah memberikan apresiasi kepada BINDA Kaltara dalam pelaksanaan vaksinasi booster tersebut.

"Kami berterima kasih atas kerja sama vaksinasi yang dilakukan BINDA Kaltara. Harapan penuh diberikan kepada seluruh petugas agar tetap mematuhi protokol kesehatan dalam melaksanakan tugas sehingga meminimalisir penyebaran virus corona tersebut di lingkungan Lapas Kelas IIA Kota Tarakan. Tetap jaga kesehatan dan protokol kesehatan," ujarnya.