IFBC Banner

Sebelum Ditahan Roy Suryo Bikin Pengakuan Lewat Video, Begini Isinya

Sabtu, 06 Agustus 2022 – 11:00 WIB

Roy Suryo

Roy Suryo

JAKARTA, REQnews - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo sudah resmi menjadi tahanan Polda Metro Jaya dalam kasus dugaan ujaran kebencian karena unggahan meme stupa Candi Borobudur yang diedit menyerupai wajah Presiden Joko Widodo.

IFBC Banner


Sebelum ditahan, dalam sebuah video Roy Suryo membuat sebuah pengakuan, bahwa dirinya sama sekali tidak berniat menista agama Budha.

Mengutip video di akun YouTube Lieus Sungkharisma Official, yang ditayangkan Jumat 5 Agustus 2022, Roy berkata meme stupa itu adalah kritik darinya ke pemerintah karena berencana menaikkan tarif masuk Borobudur.

"Saya telah menerima banyak masukan filosofi-filosofi dan ajaran asli Sang Buddha dari cukup banyak umat Budha yang mendukung saya secara moral karena meyakini bahwa saya memang tidak berbuat menistakan agama sebagaimana yang coba dituduhkan oleh para pelapor selama ini," kata Roy.

Kemudian, Roy mengaku mendapat banyak dukungan dari umat Budha, yang paham bahwa bukan dirinya yang membuat meme stupa berwajah Jokowi tersebut.

Sayangnya, menurut Roy, ia sudah melaporkan si pembuat meme, namun polisi sama sekali belum menindaklanjuti laporan tersebut.

"Bahkan sampai saya dilindungi oleh LPSK. Saya sangat berterima kasih atas pengertian yang demikian dalam dari banyak umat Budha," ujarnya.