Jokowi Ancam Copot Pangdam dan Kapolda Jika Tak Mampu Atasi Kebakaran Hutan

Selasa, 06 Agustus 2019 – 15:30 WIB

Presiden Joko Widodo (Foto:Istimewa)

Presiden Joko Widodo (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews -   Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan akan mencopot Kapolda, Kapolres, Danrem, hingga Pangdam yang tidak mampu mengatasi karhutla,

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat memberikan pengarahan kepada peserta rapat koordinasi nasional pengendalian karhutla tahun 2019 di Istana Negara Jakarta, Selasa, 6 Agustus 2019,

"Saya ingatkan kepada Pangdam, Danrem, Kapolda, Kapolres, aturan yang saya sampaikan 2015 masih berlaku, copot jabatan jika tak bisa atasi karhutla," tegas Jokowi.

Jokowi mengaku sudah menghubungi Panglima TNI, minta copot yang tidak bisa mengatasi. Selain itu presiden juga menghubungi Kapolri untuk mengatakan yang sama. "Copot kalau enggak bisa mengatasi kebekaran hutan dan lahan," ujarnya.

Jokowi mengingatkan tentang kebakaran hutan pada 2015 yang menimbulkan kerugian hingga Rp 221 triliun. Menurutnya dibandingkan 2015, karhutla tahun ini menurun 81 persen. Namun dibandingkan 2018, tahun 2019 justru mengalami kenaikan.

"Harusnya ini tiap tahun turun," jelasnya.

Untuk itu, Jokowi meminta agar pemerintah daerah berkoordinasi dengan Kapolda dan Pangdam dalam menangani kebakaran hutan hingga melakukan pencegahan. Menurut dia, menghilangkan karhutla memang sulit, tetapi harus ditekan dengan pencegahan.

"Jangan sampai ada yang namanya status siaga darurat, jangan sampai," ucap Jokowi.