IFBC Banner

Kominfo Siap Kerja Sama Bareng TNI Ungkap Identitas Enzo Alle si Terduga HTI

Sabtu, 10 Agustus 2019 – 17:30 WIB

Enzo Allie

Enzo Allie

JAKARTA, REQnews  - Enzo Zenz Allie, seorang taruna Akademi Militer (Akmil) TNI saat ini tengah menjadi pusat perhatian, karena ia diduga merupakan seorang penganut paham radikal dan pendukung organisasi terlarang HTI.

IFBC Banner


Untuk membuktikan benar atau tidaknya tuduhan tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan siap membantu TNI jika diminta menelusuri jejak digital sang taruna blasteran Prancis tersebut

Menurut Kabiro Humas Kominfo Ferdinandus Setu berkata, sebenarnya penelusuran jejak dan latar belakang Enzo sepenuhnya menjadi kewenangan TNI. Namun, jika ada permintaan resmi, Kominfo dengan senang hati membantu.

"Kami belum diminta untuk verifikasi. Itu kan urusan khusus ya. Tapi karena kasus publik, tapi kalau mereka minta kami akan bantu," ujar Ferdinandus, Sabtu 10 Agustus 2019.

TNI pun segera turun tangan melakukan penelusuran tuduhan tersebut. Secara tegas, TNI akan mencoret semua nama taruna yang ketahuan menganut paham radikal, karena dianggap berbahaya bagi Indonesia.

"Kita tidak menyasar Enzo saja, tapi mencegah orang radikal dan antipancasila. Mau radikal kiri, kanan dan lainnya, jangan dikira itu tidak ada. Kalau ketahuan, langsung dicoret," ujar Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi, Rabu 7 Agustus 2019 lalu.

Sisriadi mengatakan penelusuran dilakukan tak hanya kepada seorang taruna. TNI juga menelusuri lingkungan taruna, termasuk keluarga, untuk memastikan para calon perwira yang direkrut bukan orang yang anti-Pancasila.