Wacana KPI Awasi Netflix dan YouTube Dapat Dukungan dari DPR RI

Senin, 12 Agustus 2019 – 21:30 WIB

YouTube dan Netflix (ilustrasi)

YouTube dan Netflix (ilustrasi)

JAKARTA, REQnews - Rencana Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yang akan mengawasi konten-konten di Netflix, YouTube dan media digital lainnya mendapat dukungan dari DPR RI.

Disampaikan Anggota Komisi I DPR Bobby Adhitya Rizaldi, sudah seharusnya KPU memiliki instrumen pengawasan untuk memonitor konten-konten progresif yang dikonsumsi masyarakat.

"Daripada pasif, KPI harus diberdayakan mengawasi konten di Netflix atau YouTube," ujar Bobby, Senin 12 Agustus 2019.

Menurutnya, meskipun media digital seperti Youtube atau Netflix mengharuskan penggunanya untuk verifikasi usia, namun pengawasan harus tetap diperlukan untuk semua tayangan. 

Namun, menurut Bobby, KPI bakal mendapat banyak tantangan jika melakukan hal tersebut. Ia menduga, KPI akan mendapat hujan kritik lantaran semestinya menyelesaikan dulu pengawasan terhadap konten di televisi konvensional dalam negeri, ketimbang mengurusi Netflix atau YouTube.

"Baik itu konvensional ataupun digital, karena memiliki efek ke masyarakat. Kecuali kalau mau nonton netflix di negara lain terserah saja, tapi selama itu ditontonnya di Indonesia, wajib diawasi oleh Negara," ujar Bobby.

Sebelumnya, Komisi Penyiaran Indonesia mewacanakan akan mengawasi konten-konten dari media seperti YouTube, Facebook, Netflix dan media lain yang sejenis. Pengawasan tersebut bertujuan agar siaran di media digital memang benar-benar layak ditonton serta memiliki nilai edukasi, juga menjauhkan masyarakat dari konten berkualitas rendah.