Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

Polri: Penembak Briptu Heidar adalah Kelompok Bersenjata Pimpinan Goliat Tabuni

Selasa, 13 Agustus 2019 – 20:30 WIB

Goliat Tabuni (ist)

Goliat Tabuni (ist)

JAKARTA, REQnews - Polisi akhirnya mengungkap siapa dalang di balik penyanderaan dan pembunuhan Briptu Heidar di Kabupaten Puncak, Papua yang terjadi pada Senin 12 Agustus 2019 kemarin.

Menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, dalang utama penyanderaan dan penembakan terhadap Briptu Heidar itu adalah Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Goliat Tabuni.

"Daerah itu dikuasai kelompok G dan yang mengekseskusi atau melakukan penembakan berinisial YM," ujar Brigjen Dedi di Jakarta, Selasa 13 Agustus 2019.

Saat peristiwa itu terjadi, Briptu Hedar tengah melakukan penyelidikan di Kampung Usir, Puncak, Papua, terkait KKB. Wilayah tersebut disebut menjadi salah satu basis operasi kelompok separatis yang dipimpin Goliat Tabuni.

Dedi menjelaskan, Heidar saat itu tidak membawa senjata dan tengah melakukan penyelidikan, jadi tidak mengenakan identitas kepolisian apapun. Heidar disebut masuk terlalu dalam untuk menelusuri kelompok kriminal tersebut yang sering melakukan intimidasi ke masyarakat setempat.

Hingga kini, tim gabungan TNI-Polri tengah melakukan pengejaran terhadap KKB di Puncak, Papua. Sementara Briptu Heidar telah dimakamkan di kampungnya di Barru, Sulawesi Selatan.