TNI Pertahankan Enzo Allie, Menhan: Asal Setia dengan Pancasila

Selasa, 13 Agustus 2019 – 21:30 WIB

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu

JAKARTA, REQnews - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu ikut merespoons keputusan TNI AD mempertahankan taruna Akmil, Enzo Allie, yang sebelumnya diduga terlibat organisasi terlarang HTI.

Menurut Menhan, keputusan itu sah-sah saja, dengan catatan Enzo harus terbukti setia dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila sebagai ideologi negara.

"Kalau dia setia kepada negara kesatuan, setia pada Pancasila, ya tidak ada masalah," kata Menhan Ryamizard di Sleman, Selasa 13 Agustus 2019.

Namun, Menhan menegaskan, apabila Enzo masih ngotot dengan paham khilafah ala HTI, maka tak ada toleransi lagi, dia harus segera dikeluarkan tanpa pikir panjang dan tawar-menawar.

"Pancasila harus nomor satu," ujar Menhan Ryamizard.

Sebelumnya, Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menegaskan TNI AD memutuskan untuk mempertahankan Taruna Akademi Militer (Akmil) keturunan Indonesia-Prancis, Enzo Zenz Allie.

Jenderal Andika menyebutkan TNI AD sudah melakukan pengukuran terkait indeks moderasi bernegara Enzo Zenz Allie. Hasilnya, Enzo memiliki indeks moderasi bernegara yang cukup baik.