Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

17 Agustus Bogor Bebas Plastik

Rabu, 14 Agustus 2019 – 08:00 WIB

Pemkab Bogor  melarang penggunaan kantong plastik bagi pasar modern (Foto:Istimewa)

Pemkab Bogor melarang penggunaan kantong plastik bagi pasar modern (Foto:Istimewa)

BOGOR, REQNews - Kabupaten Bogor akan memberlakukan pelarangan penggunaan kantong plastik, yang akan dimulai pada 17 Agustus 2019.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan tahap awal aturan tersebut akan melarang penggunaan kantong plastik bagi pasar modern (ritel) di wilayah Kabupaten Bogor.

"Kita sudah siap (larangan kantong plastik), masih terus sosialisasi. Jadi 17 Agustus kita juga merdeka dari plastik," kata Ade Yasin, Selasa, 13 Agustus 2019.

Ade juga mengungkapkan, masyarakat harus membawa tempat belanjaannya sendiri ketika akan berbelanja di toko-toko modern. Ia ingin agar masyarakat terbiasa dan bisa menyesuaikan diri.

Sebenarnya aturan tersebut sudah dicanangkan sejak awal 2019 lalu. Bogor Asri Tanpa Plastik (Antik) pun perlahan telah diterapkan di kantor-kantor pemerintahan, instansi vertikal, TNI dan Polri.

"Semua telah menggunakan wadah-wadah kertas atau kaca untuk minuman dan makanan. Kantong plastik harus dilarang karena sampah plastik makin hari makin menggunung. Alam akan rusak ketika kita membiarkan sampah plastik terus ada," tegasnya.

Selain itu, Pemkab Bogor juga sudah menerapkan Peraturan Daerah (Perda) nomor 4 tahun 2015 tentang Ketertiban Umum Pasal 39 ayat (1) dan Perda nomor 2 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah.

Dengan dua perda itu, para pembuang sampah sembarangan akan dikenakan kurungan penjara selama tiga bulan atau denda Rp 50 juta.