Begini Respons Menkominfo Soal Wacana KPI Mengawasi Netflix dan YouTube

Rabu, 14 Agustus 2019 – 22:00 WIB

Menkominfo Rudiantara

Menkominfo Rudiantara

JAKARTA, REQnews - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara akhirnya ikut menanggapi wacana Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengawasi semua konten di Netflix hingga YouTube.

Seperti diketahui, usai KPI melempar wacana tersebut, mayoritas publik menolak jika lembaga tersebut sampai harus mengawasi konten-konten di media digital sepopuler Netflix dan YouTube.

Rudiantara berkata, ia sudah mendengar wacana itu, namun belum ada pembicaraan mengenai hal tersebut di kementerian yang dipimpinnya.

Kepada KPI, Rudiantara mengingatkan satu hal, bahwa sebuah kebijakan harus dilandasi dengan hukum yang jelas, termasuk jika KPI ingin mengawasi Netflix dan YouTube.

"Landasan hukumnya harus jelas. Kalau sekarang KPI itukan mengacu kepada undang-undang penyiaran. Sedangkan Netflix itu lain lagi. Nah kalau sensor film di kita ada namanya lembaga sensor film," ujar Rudiantara di Sleman, Rabu 14 Agustus 2019.

Rencananya, KPI akan mengumumkan sebuah pernyataan soal wacana tersebut pada 21 Agustus 2019 mendatang, apakah akan benar-benar mengawasi semua media digital tersebut, atau membatalkannya.