Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

Gunakan Obat Tidur, Penjahat Ini Bawa Kabur Mobil Mewah

Jumat, 16 Agustus 2019 – 11:30 WIB

Ilustrasi penangkapan dua pelaku penipuan pembelian mobil mewah (Foto:Istimewa)

Ilustrasi penangkapan dua pelaku penipuan pembelian mobil mewah (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Polda Metro Jaya membongkar penipuan pembelian mobil mewah dengan modus menggunakan obat tidur, setelah korban tertidur pulas, mobil beserta surat-surat dibawa kabur.

Dalam kasus ini Polda Metro Jaya mennagkap dua pelaku masing-masing Jafar, 45, dan Cecep, 50.

"Korban diberi minuman yang sudah dicampur obat tidur. Saat korban tertidur, mereka membawa kabur mobil korban berjenis BMW," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, di Jakarta, Jumat, 16 Agustus 2019.
 
Kejadian ini terjadi pada 28 Juli 2019. Sebelum beraksi, para tersangka terlebih dahulu mencari korban dengan melihat iklan jual beli mobil di internet. 

Setelah menetapkan target, pelaku menelepon calon korban dan pura-pura hendak membeli mobil tersebut. Agar meyakinkan, pelaku menawar mobil korban dengan harga mahal.
 
Usai disepakati, pelaku mengajak korban bertemu di sebuah apartemen kawasan Jakarta Pusat. Apartemen diketahui hanya disewa untuk hari saat pelaku beraksi guna meyakinkan korban bahwa mereka adalah orang berduit.
 
Pada ssat itu, pelaku dan korban sepakat mobil dibeli dengan harga Rp1,3 miliar, akhirnya korban menyuruh sopirnya membawa BMW itu untuk ketemu Cecep di apartemen.
 
Dalam melancarkan aksinya, salah satu pelaku berdalih ingin menjajal mobil yang akan dibeli. Sementara korban menunggu, pelaku menyuguhkan minuman yang sudah dicampur obat tidur.
 
Pada saat korban tertidur, pelaku mengambil surat mobil kendaraan dan pergi meninggalkan korban. Kedua pelaku kabur dan menjual mobil BMW milik korban.
 
Mobil korban laku dijual di salah satu showroom dengan harga Rp800 juta. Uang Rp600 juta ditransfer dan yang Rp200 juta itu dibelikan mobil Alphard.

Pelaku ditangkap di rumahnya kawasan Bandung, Jawa Barat, rumah tersebut dibeli dari uang hasil penipuan.
 
Barang bukti yang disita, mobil BMW, mobil Alphard dan satu unit rumah di Bandung. Kedua tersangka sudah ditahan di Polda Metro Jaya.
 
Kedua tersangka dikenakan Pasal 378 KUHP dan Pasal 372 KUHP dan Pasal 365 KUHP. Mereka terancam hukuman sembilan tahun penjara.