Demo di Manokwari, Protes Insiden Mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya

Senin, 19 Agustus 2019 – 11:30 WIB

Demo di Wanokmari (Foto:Istimewa)

Demo di Wanokmari (Foto:Istimewa)

MANOKWARI, REQNews -  Sejumlah warga pada pagi waktu setempat turun ke jalan melakukan aksi demonstrasi di Manokwari, ibu kota Provinsi Papua Barat, Senin, 19 Agustus 2019 pagi WIB. 

Aksi itu sebagai bentuk protes atas insiden pengepungan dan intimidasi terhadap sejumlah mahasiswa di Surabaya dan Malang baru-baru ini.

Sebagian warga membakar ban di tengah jalan dan juga menebang pohon .Akibatnya, sejumlah ruas jalan di Manokwari dilaporkan lumpuh.

Jalan Yos Sudarso yang merupakan jalan utama kota Manokwari diblokade massa yang mengakibatkan aktivitas masyarakat maupun arus lalu lintas lumpuh.

Aparat kepolisian Polda Papua Barat dan Polres Manokwari mulai turun ke jalan guna mengendalikan situas.

"Tadi pagi sudah kondusif, sudah berhasil komunikasi tapi agak siang sedikit mereka ada bakar-bakaran dan perusakan fasum, kendaraan," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Senin, 19 Agustus 2019. 

Aksi ini bermula dari mahasiswa dan masyarakat yang menyampaikan aspirasinya terkait insiden kekerasan dan pengusiran mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya beberapa hari lalu. Mereka, kata Dedi, kemudian melakukan pemblokiran jalan hingga melakukan pembakaran dan perusakan.