Kerusuhan di Manokwari, Mendagri Rencana Panggil Gubernur Papua dan Jatim

Senin, 19 Agustus 2019 – 16:00 WIB

Khofifah Indar Parawansa (foto:istimewa)

Khofifah Indar Parawansa (foto:istimewa)

JAKARTA, REQNews - Terkait kerusuhan yang terjadi di Wanokwari, akibat dari insiden di Jawa Timur, Mendagri rencananya memanggil Gubernur Papua Barat, Papua, dan Jawa Timur. 

"Sebenarnya (dipanggil) besok pagi. Tapi karena gubernur harus hadir di daerahnya masing-masing, karena tanggung jawab wilayahnya masing-masing, akan kami tunda dulu menunggu kesiapan gubernur Papua dan Papua Barat serta gubernur Jawa Timur," ujar Mendagri Tjahjo Kumolo, di Jakarta Pusat, Senin, 19 Agustus 2019.

Mendagri ingin para kepala daerah duduk bersama menindaklanjuti peristiwa yang memicu provokasi berujung kerusuhan di Manokwari. 

Dikatakan Tjahjo, semenjak kejadian di Malang dan di Jawa Timur, sebenarnya Kemendagri sudah membentuk tim monitoring, terus memonitor dengan Kesbangpol setiap keadaan.

Mendagri meminta kepada para pejabat, baik gubernur, bupati, wali kota, maupun perangkat untuk menahan diri, tidak terlalu mengumbar berbagai pernyataan yang bisa menimbulkan emosi warganya.

Aksi massa ini bermula dari mahasiswa dan masyarakat yang menyampaikan aspirasinya terkait insiden kekerasan dan pengusiran mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya beberapa hari lalu. Mereka, kemudian melakukan pemblokiran jalan hingga melakukan pembakaran dan perusakan.