Perintah Jokowi ke Kapolri: Usut Tuntas Dalang Rasialis terhadap Mahasiswa Papua

Kamis, 22 Agustus 2019 – 19:30 WIB

Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo

JAKARTA, REQnews - Kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat benar-benar menjadi perhatian serius Presiden Joko Widodo. Hal yang paling disesalkan Jokowi adalah biang keladi kerusuhan tersebut, yakni adanya pernyataan berbau rasis terhadap mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang.

Merespons masalah tersebut, Jokowi secara tegas meminta Tito agar segera mengusut dan memberi tindakan hukum terhadap oknum yang melakukan diskriminasi ras dan etnis kepada mahasiswa Papua.

"Saya sudah perintahkan Kapolri untuk memberi tindakan hukum atas diskriminas ras dan etnis secara tegas," kata Jokowi di Istana Bogor, Kamis 22 Agustus 2019.

Jokowi berkata, saat ini ia telah memperoleh informasi bahwa situasi di Papua mulai kondusif dan berjalan normal. Presiden meminta semua pihak menunjukkan kebesaran hati untuk saling menghormati dan menghargai sesama saudara sebangsa dan se-Tanah Air.

Rencananya, Jokowi akan mengundang para tokoh adat, tokoh masyarakat dan tokoh agama dari Papua dan Papua Barat untuk membahas masalah percepatan kesejahteraan pekan depan.

"Alhamdulillah situasi sudah berjalan normal kembali, permintaan maaf sudah dilakukan, dan ini menunjukkan kebesaran hati kita bersama untuk saling menghormati," ujar Jokowi.