Kajian Ibu Kota Baru Ternyata Belum Selesai, Kok Udah Mau Dipindah?

Kamis, 22 Agustus 2019 – 21:00 WIB

DKI Jakarta

DKI Jakarta

JAKARTA, REQnews - Rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan belakangan ini selalu menyita perhatian publik. Tapi ternyata, kajian tentang pemindahan dan pembangunan ibu kota baru rupanya belum selesai. Waduh!

Hal ini diungkapkan Presiden Joko Widodo yang berkata pemerintah masih menunggu beberapa penyelesaian kajian lagi, sebelum benar-benar memindahkan ibu kota ke Kalimantan sebagai pengganti DKI Jakarta.

Terbukti bahwa kajian itu belum selesai, sampai saat ini pemerintah masih enggan mengumumkan di mana lokasi pastinya ibu kota baru. Jokowi hanya menyebut ibu kota akan pindah ke Kalimantan saja, tanpa menyebut daerahnya secara pasti.

"Ya akan kita umumkan pada waktunya. Masih menunggu kajian, tinggal satu atau dua kajian lagi belum disampaikan ke saya," kata Jokowi di Istana Bogor, Kamis 22 Agustus 2019.

Sebelumnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil, menghadiri rapat koordinasi mengenai rancangan undang-undangan Pertanahan. Ditemui usai rapat, Sofyan Djalil sempat menjawab berbagai pertanyaan salah satunya soal rencana pemindahan ibu kota.

Dia mengatakan, saat ini pemerintah telah mengkaji beberapa wilayah untuk menjadi ibu kota baru. Namun yang hampir pasti jadi lokasi baru ibu kota adalah Kalimantan Timur.