Gimana Sih? Pemerintah Mau Pindah Ibu Kota, Tapi DPR Belum Terima Kajiannya

Sabtu, 24 Agustus 2019 – 21:30 WIB

Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo

JAKARTA, REQnews - Ramai publik membicarakan rencana pemerintah memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan. Ternyata di balik itu, rencana pemindahan tersebut masih banyak kurangnya.

Salah satunya, berdasarkan pengakuan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet, ternyata pihaknya hingga kini belum menerima kajian akademik dari pemerintah soal wacana tersebut.

Lah gimana sih? Kajiannya belum selesai, belum diterima DPR, tapi kok sudah mau buru-buru pindah?

"Iya belum kami terima sampai hari ini. Saya dapat informasi dari Istana bahwa masih ada beberapa kajian yang ditunggu presiden. Tapi pasti kami dikirimkan," kata Bamsoet di Jakarta, Sabtu 24 Agustsu 2019.

Tapi, ternyata dari pihak Bamsoet pun wacana itu belum kelar. DPR hingga kini belum membahas RUU pemindahan ibu kota karena masih dalam tahap kajian. 

Sebelumnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil mengatakan rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur masih menjadi alternatif. Pasalnya, Bappenas masih melakukan kajian terhadap lokasi calon ibu kota.

Bappenas, lanjutnya, sedang melakukan kajian terhadap lokasi calon ibu kota baru. Namun Sofyan tidak mengetahui pasti apa saja kajian yang dilakukan.