Fadli Zon: Pemindahan Ibu Kota Tak Ada Urgensinya

Rabu, 04 September 2019 – 22:00 WIB

Fadli Zon saat berfoto dengan patung tokoh komunis Lenin

Fadli Zon saat berfoto dengan patung tokoh komunis Lenin

JAKARTA, REQnews - Keputusan Presiden Joko Widodo memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur ternyata mendapat banyak penolakan dan protes, termasuk dari DPR RI.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon bahkan menyebut, pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur sama sekali tak ada urgensinya. Menurutnya, Jokowi harus lebih mengutamakan penyelesaian masalah-masalah yang langsung dialami masyarakat di bawah.

"Urgensinya tidak ada, kecuali persoalan kemiskinan, pengangguran atau persoalan mendasar dan kebutuhan rakyat, itu perlu difokuskan," kata Fadli saat berada di Badung, Bali, Rabu 4 September 2019.

Hal paling penting sebelum memindahkan ibu kota, menurut Fadli, adalah harus memperhatikan kondisi ekonomi Indonesia. Ia memasang standar pertumbuhan ekonomi di angka 8 sampai 10 persen, barulah menurutnya layak untuk memindahkan ibu kota.

"Kalau masih berutang itu, seperti BPJS saja susah, bagaimana mengeluarkan anggaran di atas lebih Rp 400 triliun?" ujar politisi Gerindra tersebut.

Bahkan, secara tegas Fadli menyebut keputusan Jokowi memindahkan ibu kota itu tidak tepat dan ngawur. Apalagi dengan alasan pemerataan, kata Fadli hal itu tak bisa dijadikan dasar.