Polisi Gerebek Gudang Produsen Makanan Ringan Ilegal

Rabu, 11 September 2019 – 13:30 WIB

Penggerebekan PT Usaha Sehati Jaya (Foto:Istimewa)

Penggerebekan PT Usaha Sehati Jaya (Foto:Istimewa)

SURABAYA, REQNews - Polisi menggerebek gudang PT Usaha Sehati Jaya, yang berlokasi di Jalan Zamhuri, Kelurahan Rungkut Kidul, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya.

Penggerebekan ini lantaran tempat itu dipakai untuk memproduksi makanan ringan tanpa ijin edar. Pabrik tersebut sudah beroperasi sekitar setahun dan produk-produknya telah diedarkan ke berbagai daerah di luar Surabaya.

Kepala Unit Pidana Ekonomi Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Surabaya Ajun Komisaris Polisi (AKP) Teguh Setiawan mengatakan, hasil penyelidikan aparat kepolisian, PT Usaha Sehati Jaya memproduksi sejumlah merek makanan ringan yang menyasar konsumen anak-anak,  yaitu Rajakong, Idola, Belang, Gocek dan Gopek.

"Semuanya selama ini dipasarkan tanpa dilengkapi izin dari Departemen Kesehatan maupun Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan atau BBPOM," ujar Teguh.

Guna memastikan kandungan bahan pangan yang terdapat didalam makanan ringan tersebut bahaya atau tidak. Pihak kepolisian pun mengujinya ke laboratorium Balai Pom Surabaya.

“Sampel sudah kami kirim ke Balai Pom untuk diperiksa dan kami masih menunggu hasilnya,” ucapnya.

Buntut penggerebekan ini, sejumlah orang pun akhirnya diperiksa. Yakni, sang direktur, komisaris hingga karyawan perusahaan.  Kendati demikian, polisi sampai saat ini belum menetapkan satupun tersangka. Kata Teguh, pihaknya masih menunggu hasil laboratorium.

Selama pemeriksaan, untuk sementara perusahaan pangan beromzet milyaran per bulan tersebut berhenti beroperasi,