KPK Tetapkan Tersangka Baru Kasus Suap Gubernur Kepri

Kamis, 12 September 2019 – 16:30 WIB

(Foto:Reqnews)

(Foto:Reqnews)

JAKARTA, REQNews - Kock Meng ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi yang menjerat Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) nonaktif Nurdin Basirun.

Kock Meng merupakan pihak swasta yang diduga sebagai pemberi suap.
 
"Dalam pengembangan perkara, KPK menemukan bukti permulaan yang cukup tentang keterlibatan pihak lain," kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Publikasi KPK, Yuyuk Andriati, di Gedung KPK, Jakarta, Kamis, 12 September 2019.

Setelah menemukan bukti permulaan dan meningkatkan perkara ini ke tahap penyidikan, lalu KPK menetapkan KMN (Kock Meng) sebagai tersangka.
 
Kock Meng dibantu Abu Bakar, pihak swasta, yang juga berstatus tersangka diduga mendahalui pengajuan izin prinsip Pemanfaatan Ruang Laut di Tanjung Piayu, Batam, kepada Nurdin selaku Gubernur Kepri. 
 
Penetapan tersangka Kock Meng merupakan pengembangan dari kasus dugaan suap terkait izin prinsip dan lokasi pemanfaatan laut, serta proyek reklamasi di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil Kepri Tahun 2018-2019. KPK lebih dulu menetapkan empat orang tersangka yakni Nurdin, Abu Bakar, Edy Sofyan, dan Budi Hartono.
 
Kock Meng selaku pemberi suap dijerat dengan Pasal 5 Ayat (1) huruf a atau Pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 Ayat (1) KUHP.