Gegara Pilot Tumpahkan Kopi, Pesawat Terpaksa Mendarat Darurat

Jumat, 13 September 2019 – 20:30 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Ada-ada saja kejadian dalam dunia penerbangan. Di Irlandia, sebuah pesawat tiba-tiba saja terpaksa mendarat darurat hanya karena segelas kopi tumpah.

Mengutip Independent, baru-baru ini, pesawat Airbus 330 tersebut diketahui terbang dari Frankfurt, Jerman menuju Cancun, Meksiko. Ketika memasuki wilayah Irlandia, si pilot tak senjaga menumpahkan kopi panas ke panel kontrol audio atau ACP.

Tak ingin mengambil risiko berbahaya, pilot pun memutuskan untuk meminta izin pendaratan darurat pesawat dengan 326 penumpang dan 11 kru tersebut ke Bandara Shannon, Irlandia.

ACP adalah bagian penting dari pesawat, yang merupakan sistem komunikasi on board yang memungkinkan kru penerbangan mengirim atau menerima sinyal radio.

Insiden tumpahnya kopi itu, setelah penyelidikan Air Accident Investigation Branch (AAIB), adalah murni kesalahan sang pilot. Ia memesan kopi dengan kemasan tanpa tutup, lalu ditaruh di atas meja, bukan di tempat gelas semestinya.

Menurut laporan penyelidikan AAIB, akibat kopi tumpah, sistem ACP tidak bekerja, dan mulai tercium bau hangus serta asap yang keluar dari dalam kokpit. Sejam setelah kopi tumpah, sistem ACP co-pilot pun ikut mengalami kerusakan.

Kegagalan pada ACP menyebabkan pilot tidak dapat berbicara satu sama lain. Kapten hanya dapat mendengar transmisi melalui speaker co-pilot. Akibatnya, ketika pesawat masih terbang di antara Irlandia dengan Kanada, pilot memutuskan mendarat di Shannon. Sampai proses mendarat, kedua pilot menggunakan oksigen ekstra.

Syukurnya, tak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Semua penumpang dipastikan aman dan selamat.