Nama Sejumlah Pejabat Saudi Dalang Serangan 9/11 Segera Diungkap

Jumat, 13 September 2019 – 21:00 WIB

Serangan 11 September 2001 di New York, AS

Serangan 11 September 2001 di New York, AS

JAKARTA, REQnews - Pemerintah Amerika Serikat berencana mengumumkan sejumlah nama pejabat Arab Saudi yang terlibat atau menjadi dalang peristiwa teror serangan 11 September 2001 atau 9/11 yang menghancurkan gedung WTC.

Departemen Kehakiman AS berkata, pengungkapan ini adalah bentuk respons pemerintah atas desakan keluarga korban selama bertahun-tahun belakangan ini. Mereka mendesak Departemen Kehakiman dan FBI untuk mengumumkan nama-nama para dalang ke publik.

Mengutip Aljazirah, Jumat 13 September 2019, Departemen Kehakiman AS belum bisa menentukan waktu pasti untuk mengungkap nama-nama dalang dalam peristiwa yang menewaskan hampir 3.000 orang tersebut.

Sebenarnya, kasus ini sudah lama membuat pemerintah Saudi geram. Pasalnya, bukti-bukti menunjukkan bahwa sejumlah pejabat Suadi terlibat dalam serangan itu, dan membuat kerajaan terancam membayar ganti rugi miliaran dolar AS.

FBI pernah mengungkap, 15 dari 19 pelaku merupakan pria asal Saudi, yang menjadi dalang pembajakan empat pesawat komersial, lalu menabrakkannya ke gedung World Trade Center, New York dan Pentagon. 

Penelurusan intelijen mengungkap, beberapa penyerang terbukti menerima dana yang mengalir dari kantong-kantong pejabat penting Saudi. Dua di antaranya bahkan diduga adalah pejabat tinggi di badan intelijen Saudi.

Dua nama yang diduga itu adalah Fahad al-Thumairy dan Omar al-Bayoumi yang terikat pada kedutaan besar Arab Saudi di AS pada saat itu.