Duka dan Pujian Donald Trump atas Kepergian BJ Habibie

Jumat, 13 September 2019 – 21:30 WIB

BJ Habibie

BJ Habibie

JAKARTA, REQnews - Kepergian BJ Habibie membawa duka sampai ke Negeri Paman Sam, Amerika Srikat. Presiden Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump ikut menyampaikan duka cita mendalam atas kepergian Presiden ke-3 Republik Indonesia tersebut.

Tak hanya menyampaikan duka, Trump secara tegas memuji kepiawaian Habibie memimpin Indonesia pada masa transisi menggantikan Presiden ke-2 RI Soeharto. Menurut Trump, Habibie menjadi sosok yang berhasil merajut kembali persatuan dan merancang demokrasi di tengah tantangan berat.

"Dr Habibie menjalankan kepemimpinan yang luar biasa dalam menjaga persatuan dan tradisi pluralistik Indonesia. Ia juga mengantarkan negara ini menjadi salah saytu negara demokrasi yang hebat," tulis rilis resmi Sekretariat Gedung Putih, Jumat 13 September 2019.

Trump juga memuji Habibie sebagai sosok insinyur yang telah membawa kesuksesan besar dalam kemajuan ilmu pengetahuan dan pengembangan teknologi di Indonesia, terutama dalam industri penerbangan.

"Itulah contoh luhur dari kreativitas dan tekad kuat masyrakat Indonesia," kata Trump.

Seperti diketahui, Presiden ke-3 RI BJ Habibie meninggal dunia pada Rabu 11 September 2019 lalu, pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto. Jenazahnya telah dimakamkan pada Kamis 12 September 2019 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata dengan upacara militer kenegaraan yang dipimpin Presiden Joko Widodo.