Polisi Akan Gelar Razia Pajak Kendaraan Bermotor

Rabu, 18 September 2019 – 13:30 WIB

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bakal menggelar razia pajak kendaraan bermotor (PKB). Razia ini menyasar para penunggak pajak kendaraan dan akan diberikan surat peringatan maksimal 14 hari sebelum jatuh tempo pajak kendaraan.

Kepala Subdirektorat Registrasi dan Identifikasi Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Sumardji mengatakan razia tersebut untuk menertibkan penunggak pajak kendaraan.

"Upaya yang dilakukan kepolisian dalam membantu Pemprov DKI Jakarta terkait hal ini yakni melakukan razia gabungan khususnya bagi kendaraan yang menunggak pajak atau belum melakukan daftar ulang," kata AKBP Sumardji, Rabu, 18 September 2019.

Sementara untuk jadwal razianya masih dikoordinasikan. Polisi masih menyosialisasikan program keringanan pembayaran pajak bermotor yang dicanangkan Pemprov DKI Jakarta. Upaya ini untuk merangkul masyarakat agar taat dalam membayar pajak.

Saat penindakan, masyarakat yang terjaring razia akan diberikan surat peringatan maksimal 14 hari sebelum jatuh tempo pajak kendaraan. Polisi akan menghapus data kendaraan, jika pemiliknya tak juga membayar pajak.
 
"Ini upaya yang kita lakukan dalam membantu Pemprov DKI Jakarta, agar pemilik kendaraan patuh membayar pajak," ungkap Sumardji.
 
Sumardji mengatakan pembayaran pajak kendaraan sudah mudah. Pemilik kendaraan dapat membayar melalui samsat online, channel perbankan, dan modern payment channel.
 
Ada opsi lain jika masyarakat kesulitan dalam pembayaran online. Yakni, pembayaran melalui layanan samsat keliling, gerai samsat, dan samsat drive thru.