Terungkap! Ternyata Ini Penyebab Kerusuhan di Wamena Hari Ini

Senin, 23 September 2019 – 21:30 WIB

Kantor Bupati Wamena dibakar

Kantor Bupati Wamena dibakar

JAKARTA, REQnews - Polisi akhirnya berhasil mengungkap penyebab uta,a terjadinya kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua hari ini Senin 23 September 2019.

Dijelaskan Kapolda Papua Irjen Rudolf A Rodja, demonstrasi berujung rusuh itu diawali karena masyarakat termakan berita hoax tentang adanya perilaku dan upacan rasis dari seorang guru.

"Minggu lalu katanya ada guru mengeluarkan kata-kata rasis, sehingga mereka melakukan unjuk rasa sebagai bentuk solidaritas pagi tadi," kata Irjen Rudolf di Jayapura.

Rudolf menegaskan, bahwa perkataan rasis yang dipercayai oleh masyarakat Papua itu ternyata tidak benar. Polisi sudah mengecek dan menelusuri informasi tersebut secara mendalam.

"Guru tersebut sudah kita tanyakan dan dia katakan tidak pernah keluarkan kata-kata atau kalimat rasis, itu sudah kita pastikan," ujar Rudolf.

Terkait aksi demo di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Kapolda Papua mengimbau kepada segenap warga dan elemen pendukung lainnya agar tidak cepat terhasut isu hoaks yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.