DPR Ragu Jokowi Bakal Keluarkan Perppu KPK

Jumat, 27 September 2019 – 21:00 WIB

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon

JAKARTA, REQnews - Kabar Presiden Joko Widodo bakal mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) KPK malam ini diragukan oleh DPR RI.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meyakini sebenarnya Jokowi juga masih belum sepenuhnya setuju untuk mengeluarkan Perppu. Meskipun, Fadli mengakui bahwa mempertimbangkan opsi tersebut adalah wajar bagi presiden untuk menjawab aspirasi mahasiswa.

"Benar tidak presiden mau keluarkan, ngomongnya kan baru mempertimbangkan. Kita lihat saja hasilnya," kata Fadli di Jakarta, Jumat 27 September 2019.

Fadli mengatakan, Jokowi saat ini memiliki kekuasaan untuk menentukan hal tersebut atas KPK, karena tugas DPR untuk mengesahkan revisi UU KPK telah selesai, terlepas dari pro dan kontra yang mewarnai.

Namun, Fadli menyebut pemerintah akan tampak tidak konsisten jika mengeluarkan Perppu KPK adalah keputusan yang akan diambil. Alasannya, selama ini pemerintah selalu mengirimkan utusannya untuk memberi rekomendasi yang kemudian disetujui dan disahkan DPR.

"Tapi apresiasi mahasiswa harus didengar. Itu hak presiden, sah-sah saja," ujar Fadli.

Sebelumnya, Presiden Jokowi sempat menolak tegas menerbitkan Perppu KPK. Namun, belakangan, opsi itu dibuka kembali dan rencana penerbitannya muncul dalam waktu dekat, bahkan disebut akan dikeluarkan malam ini.