Gubernur Sumbar Minta Bantuan Warga untuk Biaya Kepulangan Perantau dari Papua

Sabtu, 28 September 2019 – 16:30 WIB

bernur Sumatera Barat Irwan Prayitno (Foto:Istimewa)

bernur Sumatera Barat Irwan Prayitno (Foto:Istimewa)

PADANG, REQNews – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menyerukan agar masyarakat membantu kepulangan para perantau dari Wamena, Jayawijaya, Papua karena biaya pemulangan perantau tersebut cukup besar.

Seruan itu ditujukan kepada semua warga Minang baik yang bermukim di Sumbar maupun di luar di seluruh Tanah Air. Pemprov Sumbar bahkan membuka rekening khusus untuk membantu perantau di Wamena.

“Aparatur Sipil Negara Pemprov Sumbar sudah mulai pengumpulan bantuan. Diharapkan ASN di kabupaten dan kota juga mengikuti. Masyarakat di kampung dan di rantau juga bisa mengirimkan bantuan,” katanya di Padang, Sabtu, 28 September 2019.

Sementara itu, Ketua Ikatan Keluarga Minang (IKM) Papua, Zulhendri Sikumbang, mengatakan, sementara ini ada sekitar 327 kepala keluarga perantau di Wamena yang ingin pulang. Dengan estimasi tiga orang per keluarga, ada 900 orang lebih yang harus dibantu kepulangannya.

Harga tiket pesawat dari Papua-Padang diperkirakan Rp5 juta per orang. Jadi setidaknya butuh Rp4,5 miliar anggaran untuk membantu pemulangan perantau itu.

Irwan mengatakan Pemprov Sumbar sudah membuka rekening khusus untuk membantu perantau di Wamena tersebut. Siapapun yang bersedia membantu bisa mengirimkan bantuan ke rekening Bank Nagari 2101.0210.07340-3 atas nama Sumbar Peduli Sesama.