Ini Loh Jumlah Orang yang Ditangkap Pasca Demonstrasi Kemarin

Selasa, 01 Oktober 2019 – 15:00 WIB

Massa Aksi Demonstrasi di Gedung DPR (Foto:Istimewa)

Massa Aksi Demonstrasi di Gedung DPR (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews – Sejumlah orang ditangkap polisi pasca kerusuhan aksi demonstrasi massa di depan gedung DPR, Senin, 30 September 2019, kemarin.

“Total ada 519 orang perusuh yang diamankan,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Selasa, 1 Oktober 2019.

Jumlah massa yang diamankan berasal dari sejumlah wilayah di DKI Jakarta. Mulai dari Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Gedung DPR RI.

Di Gedung Shabara Polda Metro Jaya, sejumlah orang tua tengah menunggu untuk menjemput anaknya yang ditahan. Para orang tua diminta untuk membawa foto copy KTP dan membuat surat pernyataan.

Dari jumlah tersebut, massa yang diamankan di Ditreskrimum Polda Metro Jaya sebanyak 163 orang, Ditreskrimsus Polda Metro Jaya 70 orang, Ditresnarkoba Polda Metro Jaya 82 orang. Sementara itu, Polres Metro Jakarta Utara 36 orang, Polres Metro Jakarta Pusat 11 orang, dan Polres Metro Jakarta Barat sebayak 157 orang.

Sebelumnya, kemarin, 30 September 2019, massa dari kalangan mahasiswa dan pelajar SMA/SMK sederajat ini kembali menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPR RI. 

Demonstrasi ini merupakan lanjutan dari aksi sebelumnya pada Selasa, 24 September 2019. Aksi demonstran ini digelar karena para pendemo menolak UU KPK yang disahkan, RKUHP dan UU yang bermasalah.