Pasca Penusukan Warga, Wamena Siaga Satu

Senin, 14 Oktober 2019 – 21:00 WIB

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen Herman Asaribab (Foto : Humas Polda)

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen Herman Asaribab (Foto : Humas Polda)

JAYAPURA, REQNews – Kepolisian Daerah Papua memberlakukan status siaga satu di wilayah Wamena, Kabupaten Jayawijaya, pascapenusukan yang menewaskan pekerja bangunan, Deri Datu Padang (30 tahun) di kawasan Wouma.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, saat ini masih berada di Wamena untuk memastikan jaminan keamanan kepada masyarakat di wilayah itu.

“Iya, Wamena siaga satu,” tegas Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Ahmad Mustofa Kamal dalam keterangan persnya  di ruang Media Center Polda, Senin, 14 Oktober 2019.

Kapolda Papua, kata Kamal, telah mengintruksikan kepada seluruh anggota kepolisian untuk melakukan tindakan represif terhadap kelompok yang mencoba mengacaukan keamanan di Wamena.

“Kita (Polri) tidak mau hal ini menjadi mainan oleh kelompok-kelompok di Wamena yang akan memberikan kegelisahan, ketakutan, kecemasan,” kata Kamal.

Saat ini, Kamal menambahkan, pihak kepolisian masih melakukan pengejaran terhadap pelaku lain yang terlibat dalam kerusuhan Wamena. Namun, mantan Wakapolresta Depok ini masih merahasiakan nama-nama pelaku tersebut.

“Ada beberapa nama yang kita kejar, karena kita dapat foto dan video dari masyarakat dan beberapa keluarga korban,” bebernya.