Sadis! Pria Keterbelakangan Mental di Sulsel Ini Disekap Selama 9 Tahun

Kamis, 17 Oktober 2019 – 22:00 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - 

Entah apa yang merasuki orang tua di Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) ini, sampai tega menyekap anaknya bernama Mansur (27) yang mengalami keterbelakangan mental selama 9 tahun lamanya di dalam kamar mandi dalam keadaan terikat.

Kasus ini awalnya terungkap saat Mansur berhasil kabur dari kurungan orang tuanya. Ia lari dan ditolong oleh tetangganya, yang kemudian membawa Mansur ke kantor Polisi.

Kemudian, pihak kepolisian menyerahkan Mansur ke Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Bulukumba. Polisi juga sudah mengamankan orang tua Mansur.

Selanjutnya, Mansur diserahkan ke UPT P2TP2A Pemprov Sulsel untuk dirujuk. Menurut Kepala UPT P2TP2A Sulsel Meisy Sari Bunga Papayungan, saat ini ia tengah menyelidiki kasus ini secara mendalam.

"Perilakunya ini memang kayak anak-anak, tidak bisa buang air besar sendiri, karena sudah sangat lama disekap di kamar mandi selama 9 tahun," kata Meisy di Makassar, Kamis 17 Oktober 2019.

Meisy menuturkan, Mansur hanya diizinkan orang tuanya keluar dari dalam kamar mandi ketika musim panen atau saat masyarakat turun ke sawah. Mansur dipekerjakan oleh orang tuanya di sawah secara paksa.

"Saya bilang ini kayak perbudakan juga ini, eksploitasi. Nah akhirnya ini ketahuan baru diproses," ujar Meisy.

Kini, tim dari P2TP2A Sulsel pun memastikan jika Mansur tidak seperti layaknya orang yang mengalami gangguan jiwa. Selama beberapa hari dirawat di UPT P2TP2A Sulsel, diketahui Mansur masih mudah untuk menerima pelajaran yang diberikan tim psikolog.