Ini Kata Moeldoko Tentang Aktivitasnya Bila Tak Lagi Dalam Kabinet Jokowi

Jumat, 18 Oktober 2019 – 15:30 WIB

 Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Foto:Istimewa)

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengaku ingin berlibur di kampung halaman setelah tidak lagi menjabat.

"Saya mau liburan, pulang kampung," kata Moeldoko di Kantor Staf Presiden (KSP) Jakarta, Jumat, 18 Oktober 2019.

Moeldoko juga mengaku belum berbicara dengan Presiden Joko Widodo terkait apakah ia akan mendapat tugas baru dalam kabinet selanjutnya.

"Saya belum dipanggil untuk soal-soal itu (tawaran menteri)," tambah Moeldoko.

Moeldoko mengaku selama menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan sejak 17 Januari 2019 tersebut memberikan pelajaran baru bagi dirinya selaku prajurit.

Mantan panglima TNI tersebut mengaku pada masa-masa awal menjadi kepala staf kepresidenan, ia sempat kagok menghadari wartawan yang menanyakan begitu banyak hal kepada dirinya.

"Seolah-olah saya yang baru seminggu di sini sudah menguasai semua hal, saya jujur seperti loncat ke kolam renang tapi tidak bisa renang tapi alhamdulilah saya mencoba memahami dan menurut saya kurang lebih 2-3 bulan saya sudah mulai lancar ngomong dan sudah mulai memahami berbagai hal," jelas Moeldoko.

Moeldoko menegaskan bahwa untuk memahami persoalan negara dari sudut pandang KSP kompleksitasnya luar biasa.

"Tapi alhamdulilah berkat pertanyaan wartawan hal itu juga membuat saya belajar membuat, saya memahami pertanyaan-pertanyaan," ungkap Moeldoko.

Sedangkan dari Presiden Jokowi, Moeldoko belajar bagaimana pendekatan kepada masyarakat.

"Saya banyak belajar waktu di lapangan dengan mencermati Pak Jokowi bagaimana pendekatan dengan masyarakat, gaya beliau mendengarkan aspirasi, gaya beliau menjawab semua pertanyaan dan ini memberikan suasana baru apalagi harus membuat keputusan banyak sekali," tambah Moeldoko.