Mantap! TNI Gagalkan Penyelundupan Puluhan TKI ke Negeri Jiran

Kamis, 31 Oktober 2019 – 06:00 WIB

TNI AL (foto: istimewa)

TNI AL (foto: istimewa)

JAKARTA, REQnews - TNI AL melalui Tim Gabungan 2ndFQR Lanal Nunukan dan Satgas Kopaska Busur Ambalat 2019 berhasil menggagalkan penyelundupan 25 TKI ke Malaysia di wilayah perbatasan Kalimantan Utara.

Kabarnya, puluhan TKI itu akan diselundupkan ke Malaysia melalui perairan Nunukan dan Sebatik pada Senin 28 Oktober 2019 lalu. Mereka diselundupkan menggunakan kapal cepat dari Jembatan Hj Putri, Pelabuhan Baru, Gang Kakap, Nunukan Timur.

Dijelaskan Komandan Lanal Nunukan Letkol Laut Anton Pratomo, Pelabuhan Jembatan Hj Putri ini kerap menjadi tempat menyeberangkan TKI ilegal tujuan Negeri Sabah dengan modus tinggal di Pulau Sebatik.

Modusnya, TKI ilegal ini menyamar sebagai warga Nunukan dan membaur dengan masyarakat. Kemudian, setelah dilakukan pemerikasaan identitas, mereka umumnya berdomisili luar Kabupaten Nunukan dan sebagian lagi tidak memiliki kartu identitas.

Anton berkata, puluhan TKI non prosedural ini diamankan di Mako Lanal Nunukan untuk diperiksa dan selanjutnya diserahkan kepada BP3TKI Nunukan.

"Lanal Nunukan akan terus meningkatkan intensitas Patroli laut untuk mencegah adanya pengiriman TKI non prosedural yang akan menyeberang ke Malaysia dan mencegah terjadinya kegiatan ilegal lainnya seperti penyelundupan Narkoba, ilegal oil dan lain-lainnya," ujar Anton, Selasa 28 Oktober 2019.