Siap-siap! PKL dan Parkir Liar di Jakarta Bakal Digeruduk Petugas

Minggu, 03 November 2019 – 17:00 WIB

Pedagang Kaki Lima (ilustrasi)

Pedagang Kaki Lima (ilustrasi)

JAKARTA, REQnews - Pemprov DKI berencana menertibkan semua Pedagang Kaki Lima (PKL) dan parkir-pakir liar yang masih menggunakan trotoar, sehingga mengganggu pengguna jalan.

Tentu saja, kebijakan ini agak bertentakan dengan pernyataan Anies Baswedan kala baru menjabat sebagai Gubernur DKI. Ia memperbolehkan PKL menjajakkan dagangan di trotoar.

Disampaikan Dinas Bina Marga DKI Jakarta PKL yang memakai trotoar harusnya paham dan taat pada aturan yang telah ditetapkan, baik melalui Perwali maupun Pergub.

“Banyak faktor yang kita tetapkan, nanti bisa dikeluarkan lewat peraturan wali kota atau gubernur,” kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho, Sabtu 2 November 2019.

Selain PKL, kendaraan yang kerap parkir di trotoar pun akan jadi sasaran, karena meresahkan pejalan kaki yang melintas. Hari menyebut, salah satu wilayah yang menjadi target mereka adalah area Kegiatan Strategis Daerah (KSD), yakni di Cikini.

Aturan mengenai penertiban parkir liar itu direncanakan beriringan dengan selesainya pelebaran trotoar di kawasan Cikini.

“Sampai Cikini selesai di Desember mudah- mudahan aturan itu udah keluar. Mudah- mudahan, jadi tidak lagi ada ojek mangkal terus numplek PKL di situ. Itu sudah clear nanti,” ujarnya.