IFBC Banner

Cegah Kecanduan, Bakal ada Undang-undang Pembatasan Waktu Bermain Game

Jumat, 08 November 2019 – 09:00 WIB

Ilustrasi main game (Foto: Istimewa)

Ilustrasi main game (Foto: Istimewa)

CINA, REQNews - Cina melarang anak-anak bermain game pada malam hari, ini dilakukan untuk mengurangi kecanduan bermain Game.

IFBC Banner


Anak-anak di bawah 18 tahun dilarang bermain antara jam 10 malam dan jam 8 pagi dan dialokasikan 90 menit sehari selama seminggu

Cina telah memberlakukan jam malam pada anak di bawah umur yang bermain video game untuk memerangi apa yang pemerintah katakan adalah kecanduan serius "membahayakan kesehatan fisik dan mental anak di bawah umur".

Dalam peraturan yang dikeluarkan oleh National Press and Publication Administration pada hari Selasa, gamer di bawah usia 18 sekarang dilarang bermain game online antara jam 10 malam dan jam 8 pagi. 

Selama seminggu, anak di bawah umur hanya diperbolehkan 90 menit sehari, dan tiga jam di akhir pekan dan hari libur nasional.

Aturan baru juga membatasi jumlah uang yang dihabiskan dalam permainan online hingga 200 yuan ($ 29) per bulan untuk mereka yang berusia antara delapan dan 16 tahun, dan 400 yuan ($ 57) untuk mereka yang berusia antara 16 dan 18 tahun. 

Anak-anak akan diperlukan untuk menggunakan nama asli dan nomor identifikasi mereka untuk masuk untuk bermain.

Raksasa internet China membatasi bermain game online untuk anak-anak karena masalah kesehatan

Jam malam adalah langkah pemerintah terbaru untuk mengendalikan industri game online China, salah satu yang terbesar di dunia. 

Perusahaan dan platform online diharuskan untuk menegakkan aturan baru, yang seharusnya berfungsi sebagai "panduan" bagi orang tua, juru bicara pers dan administrasi penerbitan yang tidak disebutkan namanya kepada kantor berita negara Xinhua.

Di bawah Xi, otoritas Cina juga telah meluncurkan pembersihan konten online atau media yang dianggap "tidak sehat". Seorang juru bicara kantor mengatakan bahwa di bawah peraturan baru, permainan eksplisit seksual, berdarah atau kekerasan, serta yang menampilkan perjudian, juga akan dilarang.

Di microblog Weibo, pengguna meragukan seberapa baik jam malam baru akan ditegakkan. Anak-anak dapat menggunakan nomor identifikasi orang tua mereka, seperti yang banyak dilakukan saat ini untuk mengatasi batasan usia. 

Para pejabat mengatakan mereka akan memberikan "dukungan yang lebih kuat" untuk kolaborasi antara kementerian keamanan publik China dan lembaga terkait untuk membangun sistem identifikasi menyeluruh yang akan menyumbat celah apa pun.

"Kami juga akan secara bertahap meningkatkan dan memperkaya fungsi sistem identifikasi untuk berbagi data waktu bermain game di seluruh platform, sehingga kami dapat mengetahui dan membatasi waktu total yang dihabiskan setiap anak kecil untuk bermain game di semua platform," kata juru bicara itu.