Bertemu Mendagri Australia, Mahfud MD Kobarkan Perang Melawan Terorisme

Sabtu, 09 November 2019 – 10:30 WIB

Mahfud MD

Mahfud MD

JAKARTA, REQnews - Menko Polhukam Mahfud MD rupanya tak main-main dalam memberantas terorisme. Bahkan, kampanye anti-terorisme dibawa oleh Mahfud dalam kunjungan bilateralnya menemui Menteri Dalam Negeri Australia Peter Dutton.

Mahfud yang menyambangi Dutton ditemani sejumlah delegasi dari lintas kementerian dan lembaga, seperti Kemenkumham, BIN, BNPT, Kemendagri, dan PPATK.

Di hadapan Dutton, Mahfud menyebut ada penurunan jumlah teror secara absolut di Indonesia dalam kurun tahun 2018 hingga 2019. Artinya, teror di Indonesia telah cukup berhasil diantisipasi, meskipun secara kualitatif, ada perluasan subyek pelaku.

Dalam keterangan resminya, Jumat 8 November 2019, eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu berkata, teror di Indonesia kini pelakunya bukan hanya lelaki saja, tapi sudah melibatkan perempuan dan anak-anak.

Kepada Button, Mahfud menegaskan pemerintah Indonesia akan terus bekerja sama dengan Australia dalam memerangi terorisme yang meresahkan publik.

"Yang diwujudkan dalam bentuk tukar menukar informasi intelijen, pengetatan penjagaan pelintas batas, pencermatan transaksi uang secara digital, pelatihan deradikalisasi, dan sebagainya," kata Mahfud.