Mahasiswa Tewas dalam Demonstrasi, Doa Menggema di Hong Kong

Sabtu, 09 November 2019 – 22:30 WIB

Alex Chow

Alex Chow

JAKARTA, REQnews - Warga Hong Kong kembali turun ke jalan. Kali ini, bukan untuk berdemonstrasi, tapi menyerukan doa bagi mahasiswa yang tewa dalam bentrok saat unjuk rasa anti-pemerintah.

Mahasiswa yang tewas itu bernama Alex Chow (22). Penyebabnya juga masih misterius. Sejumlah laporan menyebut, Chow dilempar dari gedung parkir bertingkat dalam bentrokan antara demonstran dan polisi yang terjadi pekan lalu.

Mengutip AFP, Sabtu 9 November 2019, mahasiswa Hong Kong University of Science and Technology ini mengalami luka berat dan sempat dilarikan ke rumah sakit. Sayangnya, nyawa Chow tak tertolong, ia dinyatakan meninggal dunia pada Jumat 8 November 2019.

Kematian Chow diketahui merupakan kematian pertama dari kalangan mahasiswa yang menjadi barisan terdepan dalam unjuk rasa antipemerintah di Hong Kong yang terus berlanjut selama lima bulan terakhir.

Dalam acara doa bersama yang digelar pada Jumat malam waktu setempat, ribuan orang mengantre selama berjam-jam demi meletakkan karangan bunga di lokasi jatuhnya Chow. Mereka juga menyalakan lilin dan menuliskan pesan duka cita di lokasi kejadian.