IFBC Banner

Bareskrim Polri Tangkap Pembuat Aplikasi Game Android Hina Nabi Muhammad

Selasa, 12 November 2019 – 12:00 WIB

Ilustrasi Game Remi (Foto: Istimewa)

Ilustrasi Game Remi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQNews – Direktorat Siber Bareskrim Polri mengamankan seorang pria bernama Iwan Guswanto (IG) terkait dalam kasus membuat aplikasi  (game) terkait Nabi Muhammad. Pria tersebut sedang diperiksa oleh penyidik Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri.

Jenderal bintang satu tersebeut mengatakan tersangka IG diamankan dari kediamannya di Karangpawitan, Garut, Jawa Barat pada Sabtu, 09 November 2019. Tersangka Iwan Guswanto diamankan sekitar pukul 21.00 WIB.

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Pol. Rachmad Wibowo mengatakan belum bisa menjelaskan detail tentang isi aplikasi tersebut sehingga membuat pelaku ditangkap, Minggu, 10 November 2019.

Disisi lain Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Dedi Prasetyo menjelaskan selain memeriksa tersangka IG, penyidik juga sedang melakukan analisa digital forensik terkait game tersebut.

Brigjen Pol. Dedi Prasetyo Uji digital forensik sangat diperlukan untuk memperkuat alat bukti.

“Saat ini pelaku sudah diamankan untuk pemeriksaan lebih lanjut dan penyidik masih melakukan pemeriksaan alat bukti di laboratorium digital forensik,” terang Karo Penmas Divisi Humas Polri.

Sebelumnya dunia game dihebohkan dengan adanya  game daring dengan nama Remi Indonesia melalui bendera pengembang Paragisoft. Dalam game daring tersebut, muncul kata-kata kasar yang dialamatkan kepada Nabi Muhammad SAW dan Islam. 

Warganet dan gamer marah dengan hinaan tersebut. Gara-gara itu lah, game ini mendapatkan peringkat 1 bintang saja di Play Store.