Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

KPK Panggil 4 Saksi Kasus Bupati Lampung Tengah Mustafa

Selasa, 12 Maret 2019 – 15:00 WIB

(foto:istimewa)

(foto:istimewa)

JAKARTA, REQNews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil empat orang saksi terkait kasus dugaan gratifikasi Rp 95 miliar ke Bupati Lampung Tengah nonaktif Mustafa. 

Keempat oraang saksi tersebut yakni Sekretaris DPD Lampung Tengah, Paryono, Ketua Pemuda NasDem Pringsewu, Sony Adiwijaya, PNS Bina Marga Lampung Tengah, A Ferizal, dan pihak swasta Darius Hartawan. 

"Mereka dipanggil sebagai saksi untuk Mustafa," Ujar juru bicara KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Selasa (12/3/2019). 

Dalam kasus ini Mustafa diduga menerima fee dari ijon proyek-proyek di lingkungan Dinas Bina Marga dengan kisaran fee sebesar 10 persen hingga 20 persen dari nilai proyek. 

Total dugaan suap dan gratifikasi yang diterima yang berhubungan dengan jabatan dan berlawanan dengan kewajiban atau tugas Mustafa sebagai Bupati Lampung Tengah sebesar Rp 95 miliar. 

Penerimaan uang itu diduga dilakukan secara bertahap pada bulan Mei 2017 hingga Februari 2018. Adapun rinciannya, uang Rp 58,6 miliar berasal dari 179 calon rekanan proyek. Kemudian penerimaan uang sebesar Rp 36,4 miliar berasal dari 56 calon rekanan proyek. (nls)