Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

DPR Pilih Aswanto dan Wahiduddin Adams Jadi Hakim MK

Selasa, 12 Maret 2019 – 17:00 WIB

(foto:istimewa)

(foto:istimewa)

JAKARTA, REQNews - Komisi Hukum DPR telah memilih dua hakim Mahkamah Konstitusi yang baru. Kedua hakim yang terpilih adalah Aswanto dan Wahiduddin Adams. 

"Sesuai dengan jadwal kami sudah selesai tadi untuk memutuskan yang terpilih sebagai hakim konstitusi 2019 yang akan datang sampai lima tahun yang akan datang, pertama Prof Doktor Aswanto, kedua Doktor Wahiduddin Adams, dua-duanya incumbent," kata Wakil Ketua Komisi III, Trimendya Panjaitan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (12/3/2019). 

Wahiduddin Adams dan Aswanto merupakan hakim MK periode 2019-2024. Keduanya adalah calon petahana yang masa jabatannya berakhir 21 Maret. 

Mereka menyisihkan sembilan orang calon lain, dalam proses pencalonan hakim MK, dimana terdapat 11 orang yang mengikuti uji kepatutan dan kelayakan. 

Keputusan itu diambil melalui rapat pleno internal secara tertutup. Pengambilan keputusan dilakukan dengan musyawarah mufakat oleh 10 fraksi di DPR. 

10 fraksi menyetujui keduanya. Secara aklamasi dua nama tersebut disetujui melalui proses musyawarah mufakat, sehingga tidak lagi memerlukan pleno. (nls)