Kapolri Ungkap Alasan Pencopotan Kapolres Kempar

Rabu, 20 November 2019 – 18:00 WIB

Kapolri Jenderal Idham Azis (Foto:Istimewa)

Kapolri Jenderal Idham Azis (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Dalam rapat kerja Komisi III DPR dengan Kapolri Jenderal Idham Azis, anggota Komisi III DPR dari Fraksi PKB Dipo Nusantara mempertanyakan apakah benar pencopotan AKBP Asep Darmawan sebagai kapolres Kempar lantaran tak memperhatikan arahan Kapolri.

Idham pun menjelaskan tentang pencopotan tersebut. "Masalah Kapolres Kampar itu tidak hanya masalah ketika dia terlambat apel, tapi di situ juga terselip masalah etika, sebagai kapolres, sebagai kasatwil, dia adalah teladan dan harus ditindak," kata Idham dalam rapat kerja dengan Komisi III di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, 20 November 2019.

Idham menjelaskan pencopotan itu juga berkaitan dengan masalah etika dan keteladanan. Dia ingin memberikan contoh kepada kapolres lainnya agar lebih disiplin.

"Dan itu bagi saya satu keteladanan lebih baik daripada 1.000 nasihat dan saya ingin memberi gambaran kepada kapolres yang lain. Saya akan memberi gambaran kepada kapolres yang lain bahwa Anda dilihat anak buah. Kalau Anda sudah nggak benar, bagaimana kau bisa memimpin satu kesatuan. Kira-kira begitu kebijakan saya," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan AKBP Asep Darmawan dicopot dari jabatannya sebagai Kapolres Kampar. Padahal Asep baru saja diangkat dalam jabatan tersebut, yaitu pada September 2019.