Menpora Malaysia Klaim Pengeroyokan Superter Indonesia adalah Hoax

Sabtu, 23 November 2019 – 06:00 WIB

Syed Saddiq

Syed Saddiq

JAKARTA, REQnews - Pemerintah Malaysia buka suara terkait kabar dikeroyoknya suporter Indonesia yang terjadi tiga hari lalu. Menpora Malaysia Syed Saddiq mengatakan kabar tersebut adalah hoax atau berita palsu.

Sebelumnya, beredar luas video superter Indonesia dikeroyok secara keji oleh suporter Malaysia saat pertandingan kedua tim pada Selasa 19 November 2019 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur.

Melalui akun Twitter-nya, Saddiq berkata masyarakat Indonesia jangan mudah termakan kabar bohong tentang pengeroyokan tersebut.

"Kepada rekan-rekan di Indonesia, tolonglah jangan percaya hoax, berita palsu, fitnah, yang mengatakan bahwa ada pendukung Indonesia yang dipukul dan juga ada penusukan yang dilakukan oleh pendukung Malaysia," kata Saddiq.

Sebelumnya, Syed Saddiq mengaku sudah memerintahkan Polis Diraja Malaysia untuk menginvestigasi kabar itu. Kini, ia memberi pernyataan bahwa video itu hoax.

"Saya sendiri telah membuat laporan ke polisi, saya juga telah menghubungi pihak kepolisian Malaysia, yang telah menghubungi pihak kepolisian Malaysia bahwa video itu adalah hoax, bohong, fitnah, tidak betul. Video itu tidak ada hubungannya dengan pertandingan sepakbola antara Malaysia dan Indonesia."

Jadi, jangan karena hoax, hubungan antara dua negara ini jadi keruh. Kita merupakan rekan serumpun, jangan memecahbelahkan rakyat Malaysia dan Indonesia karena ini penipuan yang begitu serius. Pihak Kemenpora Indoensia juga telah membenarkan bahwa ini penipuan dan hoax," ujarnya.