Ngeri! Teror Tawon Ndas di Klaten Sudah Bunuh 10 Orang

Sabtu, 23 November 2019 – 07:00 WIB

Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA, REQnews - Sejak 2017, teror Tawon Ndas atau Verpa Affinis terus menghantui Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Hingga 2019 ini, sudah 10 orang tewas akibat sengatan lebah berbahaya tersebut.

Data juga menunjukkan, dalam dua tahun terakhir, 250 warga Klaten telah menjadi korban. Pemkab Klaten masih terys berupaya agar kejadian serupa tak lagi mengakibatkan tewasnya warga.

"Sampai tahun ini sudah 667 sarang kita musnahkan, tersebar di 26 kecamatan," ujar Kasatpol PP Klaten Sugeng Haryanto, Jumat 22 November 2019.

Saat ini, masih ada 40 tempat yang sudah mengajukan permintaan pemusnahan sarang tawon, namun Sugeng masih kesulitan melayani semua pengajuan tersebut karena keterbatasan personil.

"Personel kita terbatas, hanya 27 orang. Kita harus kerjasama dengan relawan dan SAR yang ada di setiap Kecamatan," kata dia.

Dari pengamatan petugas, Tawon Ndas atau Tawon Verpa ini memiliki keunikan dibanding jenis lainnya. Tawon ini bisa menyengat 5 sampai 7 kali, dibanding tawon biasa yang hanya satu kali saja lalu mati.