30O Kilogram Bahan Peledak Diamankan di Sibolga

Rabu, 13 Maret 2019 – 22:00 WIB

(foto:istimewa)

(foto:istimewa)

JAKARTA, REQNews - Detasemen Khusus 88 Anti Teror mengamankan bahan peledak sebanyak 300 kilogram di sebuah rumah milik berinisial S di Jalan Kutilang, Kelurahan Habil, Kota Sibolga, Sumatera Utara. 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Dedi Prasetyo mengatakan bahwa bahan peledak yang didapat polisi sama dengan barang bukti yang diamankan saat penangkapan RIN di Lampung. Hanya saja jumlah yang ditemukan lebih banyak dari sebelumnya. 

Dedi menjelaskan identifikasi sementara, bahwa peledak yang digunakan adalah jenis bom lontong dirakit menggunakan pipa paralon. Bom rakitan itu berisikan potasium, serpian besi, paku dan baut. 

"Bom lontong, seperti yang dirakit menggunakan paralon. Sama polanya, isi paku, serpian besi. Kemudian, baut dan mor. Yang diamankan petugas ada 4 buah," ujar Dedi. 

Sementara ini, polisi belum bisa melakukan olah tempat kejadian perkara. Diduga masih ada sejumlah bom yang berada di sekitar rumah Abu Hamzah. Atas hal itu, petugas kepolisian berhati-hati agar tidak menimbulkan korban jiwa kembali. (nls)