Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!
Biarkan Orangutan Tapanuli Hidup di Alam, Mari Selamatkan Habitatnya!

Palsukan KTP Hingga Ijazah, Pemuda di Serang Diamankan Polisi

Kamis, 14 Maret 2019 – 23:00 WIB

(foto:istimewa)

(foto:istimewa)

SERANG, REQNews - Beredar dokumen negara palsu di wilayah Serang, polisi pun memburu pelakunya. Akhirnya Pelaku pemalsu dokumen negara SIM, KTP, SKCK, hingga ijazah berhasil diamankan Polres Serang. 

Kapolres Serang Polda Banten, AKBP Indra Gunawan, S.I.K, M.H mengatakan pelaku ditangkap di ruko fotokopi miliknya di kawasan Cikande. 

"Kegiatan ini sampingan aja yang ingin buat datang ke toko karena dia berprofesi sebagai tukang fotokopi,." kata Kapolres saat ekspose di Mapolres Serang, Rabu (13/3/2019). 

MH (38) telah memalsukan berbagai dokumen negara tersebut sejak 201 DAN pelanggannya sebagian besar para pelamar kerja atau yang ingin mendaftar sekolah. Pemalsuan ini dilakukan dengan cara ditimpal dengan data palsu menggunakan kertas foto kemudian dibungkus laminating. 

Proses pemalsuan dilakukan menggunakan alat sederhana. Memakai scanner, komputer, alat laminating dan autan untuk menghapus data asli. MS memasang tarif bervariasi Rp 100.000 untuk KTP, Rp 50.000 untuk ijazah dan SKCK Rp 20.000. 

Akibat perbuatannya MS melanggar Pasal 264 ayat 1 tentang Pemalsuan Dokumen Negara dengan ancaman hukuman 8 tahun penjara. (nls)