Cina Peringatkan Akan Balas AS Atas UU Dukungan Pemrotes Hong Kong

Kamis, 28 November 2019 – 13:30 WIB

Hong Kong (Foto:Istimewa)

Hong Kong (Foto:Istimewa)

HONG KONG, REQNews  - Cina memperingatkan Amerika Serikat pada Kamis bahwa mereka akan mengambil "langkah-langkah balasan" sebagai tanggapan atas undang-undang AS yang mendukung para pemrotes anti-pemerintah di Hong Kong, dan mengatakan upaya untuk campur tangan di kota yang diperintah Cina itu pasti akan gagal.

Presiden AS Donald Trump pada Rabu menandatangani undang-undang kongres atas hukum yang mendukung para pemrotes meskipun ada keberatan dari Beijing yang marah, negara tempat dia mencari kesepakatan untuk mengakhiri perang dagang yang merusak.

Undang-undang mewajibkan Departemen Luar Negeri untuk menyatakan, setidaknya setiap tahun, bahwa Hong Kong mempertahankan otonomi yang cukup untuk membenarkan persyaratan perdagangan AS yang menguntungkan yang telah membantu wilayah ini tumbuh sebagai pusat keuangan dunia. Ini juga mengancam sanksi untuk pelanggaran hak asasi manusia.

Beijing memperingatkan bahwa Amerika Serikat akan memikul konsekuensi dari tindakan balasan Cina jika terus "bertindak sewenang-wenang" terkait Hong Kong, menurut pernyataan kementerian luar negeri.

Pemerintah Hong Kong yang didukung Beijing mengatakan undang-undang itu mengirim sinyal yang salah kepada para demonstran dan "jelas-jelas mencampuri" urusan dalam kota.