Penyebar Hoaks Fatwa Kiamat Terus Diselidiki Polisi

Sabtu, 16 Maret 2019 – 21:00 WIB

(foto:istimewa)

(foto:istimewa)

MALANG, REQNews - Aparat kepolisian terus menyelidiki penyebar hoaks fatwa kiamat sudah dekat yang mendoktrin puluhan warga Ponorogo. 

“Masih kita dalami terus,” ungkap Kapolres Batu AKBP Budi Hermanto di Ponpes Miftahul Fallahil Mubtadin Desa Sukosari, Kasembon, Kabupaten Malang, Jumat (15/3/2019). 

AKBP Budi mengaku pihaknya tengah mengidentifikasi pelaku pengirim pesan berantai yang kemudian mengundang keresahan di masyarakat. Yakni dengan menghimpun keterangan para jemaah Thoriqoh Akmaliyah As- Sholihiyah atau MUSA AS dari Ponorogo. 

Polisi terus mengidentifikasi dan menggali keterangan dari sejumlah jemaah yang ada di pondok. Langkah ini dilakukan bersama Polres Ponorogo yang juga datang langsung meminta keterangan jemaah. 

Seperti diketahui, isu kiamat sudah dekat mencuat setelah kabar pindahnya 52 Dukuh Krajan, Desa Batubonang, Kecamatan Badegan, Ponorogo ke ponpes tersebut. Kepergian mereka diduga setelah mendapat ajaran Thoriqoh Musa dari Khotimun yang diketahui sebagai salah satu santri dan jemaah dari ponpes Miftahul Falahil Mubtadin. (nls)