Yuk Lihat Fenomena Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember 

Rabu, 04 Desember 2019 – 09:30 WIB

Gerhana Matahari Cincin (Foto:Istimewa)

Gerhana Matahari Cincin (Foto:Istimewa)

JAKARTA, REQNews - Fenomena Gerhana Matahari Cincin diprediksi akan muncul kembali. Berita ini dibagikan oleh situs planetarium.jakarta.go.id dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun resmi Twitter BMKG (@infoBMKG).

Masyarakat di Indonesia dan beberapa negara lainnya dapat menyaksikan fenomena itu pada pada 26 Desember 2019 nanti.

Tepatnya pada Kamis, 26 Desember 2019, masyarakat Indonesia dapat menyaksikan Gerhana Matahari Cincin atau Gerhana Matahari Parsial tergantung dari lokasi pengamat. 

GMC dapat disaksikan mulai dari daerah Padang Sidempuan (Sumatera Utara), Batam (Kepulauan Riau), Singkawang (Kalimantan Barat), sebagian Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Kembali pada fenomena yang akan terjadi bahwa fase cincin pada GMC adalah wilayah yang dilalui oleh bayangan antumbra, yaitu perpanjangan proyeksi dari umbra (bayangan utama) di mana Bulan tepat berada di depan Matahari, tetapi piringannya tampak lebih kecil, tidak menutupi piringan Matahari.

Sementara itu, fase parsial/sebagian seperti yang akan terjadi di Jakarta adalah wilayah yang dilalui penumbra. Tampak piringan Bulan hanya menutupi sebagian piringan Matahari.

GMC secara global melewati wilayah Eropa bagian timur, sebagian besar Asia, Australia barat daya, Afrika timur, Samudra Pasifik, Samudra Hindia; dan lokasi puncak GMC pada koordinat 01°LU 102,3°BT (dekat Sungai Apit, Mengkapan, Provinsi Riau).