HUT GAM, Polri: Tak Ada Pengamanan Khusus

Rabu, 04 Desember 2019 – 16:00 WIB

Ilustrasi pengamanan polisi (Foto: Istimewa)

Ilustrasi pengamanan polisi (Foto: Istimewa)

JAKARTA, REQNews – Gerakan Aceh Merdeka (GAM) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) tiap 4 Desember. Polri pum menyatakan tidak menggelar pengamanan khusus di Aceh tahun ini.

Namun Korps Bhayangkara memastikan stabilitas keamanan di Aceh aman."Tidak ada pengamanan khusus (HUT GAM)," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Argo Yuwono di Mako Polairud, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Rabu 4 Desember 2019.

Menurut Argo, sampai saat ini tidak ditemukan adanya gangguan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat di Aceh menyusul ada peringatan HUT GAM.

Saat Aceh masih dilanda konflik bersenjata, HUT GAM diperingati di desa-desa basis GAM dengan upacara militer disertai pengibaran bendera bintang bulan.

Diketahui, setelah gerakan pemberontak itu dan pemerintah Indonesia berdamai pada 15 Agustus 2015, HUT GAM sering diperingati dengan doa bersama dan kenduri.

Polri tetap akan mengantisipasi segala bentuk potensi ancaman gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama menjelang Hari Raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Kegiatan rutin seperti biasa yang kami tingkatkan di Polda-Polda menjelang nanti Natal dan Tahun Baru tentunya sedang kami siapkan untuk Operasi Lilin," tutur Argo.

Operasi lilin itu, dijelaskan Argo akan dilaksanakan untuk antisipiasi keamanan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020. Selain itu, aparat juga akan fokus pengamanan di tempat ibadah dan arus mudik.