Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sudah Satu Tahun KPK Intai Romahurmuziy

Sabtu, 16 Maret 2019 – 15:00 WIB

Romahurmuziy (foto:istimewa)

Romahurmuziy (foto:istimewa)

JAKARTA, REQNews - Teryata hampir satu tahun Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membidik Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Romi), sebelum akhirnya terjaring operasi tangkap tangan (OTT) di Surabaya. 

Romi diduga terlibat dalam praktik jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) dan telah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir. 

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan penyelidikan kasus ini berjalan hampir satu tahun. "Sudah lama, penyelidikan hampir satu tahun," kata Ketua KPK Agus Rahardjo, Juma (15/3/2019). 

KPK sudah lama mengendus adanya praktik kotor di Kementerian Agama terkait praktik jual beli jabatan dan semakin kuat setelah KPK menerima laporan masyarakat. 

Bukti permulaan diperoleh KPK dari proses verifikasi dan pemeriksaan. Dari proses indentifikasi sementara itu juga KPK menemukan adanya dugaan transaksi jual beli jabatan di Kemenag yang diduga melibatkan Romi. 

"Yang perlu dicatat itu bukan pemberian yang pertama karena sebelumnya juga yang bersangkutan pernah memberikan," pungkasnya. 

Romi dan empat orang lain ditangkap KPK di Jawa Timur. Kelimanya diduga kuat tengah melakukan praktik kotor di lingkungan Kementerian Agama, Romi juga disebut berperan mengatur jabatan di Kemenag pusat. (nls)