Dirut Garuda Dipecat, Sri Mulyani Malah Enak-enakan Naik Sepeda Brompton

Minggu, 08 Desember 2019 – 12:30 WIB

Sri Mulyani dan suaminya naik sepeda Brompton

Sri Mulyani dan suaminya naik sepeda Brompton

JAKARTA, REQnews - Tengah viral di media sosial sebuah foto yang menunjukkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tengah asyik mengendarai sepeda merek Brompton bersama suaminya.

Foto ini menyebar di tengah kegaduhan publik akibat penyelundupan Harley Davidson dan sepeda Brompton yang melibatkan Dirut Garuda I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra, yang berujung pemecatan oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

Sebelumnya juga, Erick dan Sri Mulyani menggelar konferensi pers bersama terkait kasus tersebut. Parahnya, dalam konferensi pers tersebut, Menkeu Sri bertanya, seperti apa rasanya menaiki sepeda Rp 50 juta.

Setelah foto itu viral, Kabiro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Nufransyah Wira Sakti buru-buru menyampaikan klarifikasi. Ia menyebut, foto diambil saat momen Hari Oeang RI (HORI) 2017 lalu.

"Kedua sepeda tersebut tidak dimiliki oleh Menteri Keuangan dan suami, namun disediakan oleh panitia HORI 2017," kata Nufransyah di Jakarta, Minggu 8 Desember 2019.

Menurutnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani, walaupun pernah mengendarai sepeda tersebut pada tahun 2017, tetapi tidak mengetahui mengenai merek-merek sepeda dan hanya mengendarai sepeda yang dipinjamkan panitia HORI 2017.

"Sehubungan dengan kasus di Garuda, yang dipermasalahkan bukan merk sepeda tersebut, tapi proses impor yang ilegal sehingga melanggar aturan kepabeanan," ujarnya.